Kamis, 05 Juli 2012

Cara Cerdas Hindari Pestisida dari Bahan Makanan



MESKI sayur dan buah menjadi sumber vitamin yang diperlukan tubuh. Namun keberadaan pestisida dan zat-zat sejenisnya seringkali membuat Anda ragu untuk mengonsumsi jenis bahan makanan konvensional. Untuk itu, yuk intip bagaimana tips menjauhi pestisida dari konsumsi sayur dan buah non organik, yang dikutip dari berbagai sumber: 

1. Pastikan sayur dan buah yang Anda beli dalam kondisi yang baik. Perhatikan secara seksama bagaimana kondisi produk bahan makanan yang akan Anda beli. Pilihlan sayur dan buah dalam kondisi mulus. Perlu diketahui, kondisi sayur ataupun buah yang sudah sedikit terbelah, tidak sempurna atau cacat bisa saja menjadi akses masuknya patogen (mikro organisme parasit). 
2. Cucilah di bawah air mengalir. Pemilihan air bersih dan mengalir juga merupakan hal yang penting. Mencuci sayur maupun buah di bawah air mengalir jernih merupakan cara yang paling efektif untuk melunturkan sisa-sisa kandungan kimia selama proses penanaman. 

3. Hindari penggunaan sabun. Pastikan untuk tidak menyertakan sabun jenis apapun saat Anda mencuci bahan makanan. Bukan tanpa sebab, pasalnya dikhawatirkan sabun akan masuk ke dalam pori-pori sayur maupun buah. 

4. Buang bagian terluar. Untuk cara aman lainnya, Anda bisa membuang bagian kulit terluar dari sayuran hijau seperti kol atau selada. 
  
5. Untuk bahan makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti sikat halus yang digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa tanah yang menempel, meskipun Anda akan mengupasnya terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon agar menulis komentar, untuk perbaikan dimasa datang, terima kasih. Salam dari kami di Bumi Parahyangan.