Senin, 25 Juli 2011

Cara Alami Hilangkan Selulit



SEPASANG lesung pipit di muka mungkin akan membuat Anda terlihat lebih menarik. Tapi, jika Anda terus mengalami penambahan selulit sepanjang hidup, ini akan mengganggu penampilan bahkan kadang-kadang membuat Anda tidak percaya diri. Dalam dunia medis, selulit ini dinyatakan muncul akibat penumpukan lemak di bawah kulit. Kulit pada dasarnya dilekatkan ke otot oleh serat. Saat sel-sel lemak bertumpuk dan mendorong serat diantara kulit dan otot, maka ini akan menciptakan penampilan seperti kulit jeruk yang berlubang-lubang dan bergumpal.

Berikut beberapa cara alami yang bisa membantu Anda menghilangkan selulit:

1. Memperlancar aliran darah 

Sirkulasi darah yang buruk merupakan salah satu penyebab utama pembentukan selulit di daerah paha, pantat atau di bagian tubuh lainnya. Dan, dengan gaya hidup yang tidak sehat akan sangat mudah untuk menghambat aliran darah.

Untuk memperlancara aliran darah, Anda bisa menggunakan obat-obatan herbal seperti cayenne pepperserta metode alami seperti mandi air panas-dingin yang bisa segera meningkatkan aliran darah. Tetapi, Anda juga bisa meningkatkan aliran darah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

2. Menghilangkan kelebihan air

Kelebihan air yang tersimpan di tubuh dekat kulit merupakan salah satu pemicu timbulnya selulit. Dan penyebab utama kelebihan penyimpanan cairan ini adalah dehidrasi. Saat Anda mengalami dehidrasi, maka tubuh akan berusaha menahan air sebanyak yang dia bisa. Sebagian besar orang kurang minum air. Bahkan mereka yang merasa cukup air juga seringkali kekurangan air.

Bagaimana cara menghilangkan selulit? Anda harus memulainya dengan memperbanyak minum air sehingga tubuh tidak kekurangan cairan. Tetaplah jaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Biasakan minum 6-8 gelas air per hari. Selain itu, hindari kebiasaan menggantikan air dengan soda, teh, kopi, atau minuman lainnya. Air sangat penting, sama seperti tubuh memerlukan udara. Jadi, mulailah memberikan apa yang dibutuhkan tubuh. Dan air putih adalah pilihan terbaik.

3. Mengeluarkan kelebihan racun-racun

Penumpukan racun di dalam tubuh semakin meningkat seiring dengan pola gaya hidup yang tidak sehat. Saat sistem pembuangan tubuh terhambat maka racun-racun akan mulai terakumulasi di berbagai organ tubuh termasuk kulit. Untuk menghilangkan racun dari kulit, Anda perlu melakukan proses pembersihan dan detoksifikasi. Program pembersihan ini tidak hanya akan membantu menghilangkanselulit, tetapi juga memperbaiki kesehatan secara umum.

4. Membersihkan sistem limfe

Membersihkan sistem limfe dan mengembalikan aliran limfe merupakan cara lain untuk menghilangkan selulit. Caranya hampir sama dengan pembersihan atau program detoksifikasi secara umum. Salah satu metode yang sangat bermanfaat dalam merangsang limfe adalah menggosok kulit setiap hari. Gunakanlah sikat yang terbuat dari serat alami. Sikat kulit ini akan langsung meningkatkan aliran darah ke kulit. Dengan begitu, selulit akan hilang perlahan dengan sendirinya.

5. Olahraga

Olahraga sangat penting dalam mengurangi kelebihan lemak. Karena itu, juga sangat bermanfaat dalam menghilangkan selulit. Olahraga juga bisa meningkatkan aliran darah yang juga berfungsi hilangkan selulit. Tubuh kita didisain untuk aktif. Karena itu, jika ingin tetap sehat dan berenergi, ada baiknya melakukan olahraga secara teratur.

6. Nutrisi

Kulit yang tidak sehat dan kekurangan nutrisi merupakan tempat subur bagi pembentukan selulit serta masalah kulit lainnya. Nutrisi berkualitas merupakan kunci bagi semua aspek kesehatan termasuk masalah selulit. Untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi yang diperlukan bagi kesehatan kulit, tambahkan asupan sayur, buah, serta jus Anda setipa hari.

Asam lemak esensial, khususnya omega-3, merupakan salah satu kunci untuk kulit sehat. Pola diet yang tidak seimbang seringkali menjadi penyebab kekurangan omega-3. Hal ini menimbulkan berbagai masalah kesehatan termasuk kulit yang tidak sehat. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi omega-3 paling sedikit 1 gram per hari. Akan lebih baik jika Anda bisa menambah asupan hingga 2-3 gram per hari. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari minyak ikan dan minyak rami. Atau, bisa juga menggunakan suplemen omega-3.

7. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol merupakan racun-racun yang mengganggu fungsi tubuh. Saat bekerja mengeluarkan alkohol, tubuh memerlukan energi dan cairan yang lebih banyak untuk mengolah tambahan racun. Selain itu, alkohol juga bisa memperlambat aliran darah dan membuat tubuh kekurangan cairan.

Merokok tidak hanya buruk bagi sesulit tapi juga bagi kesehatan tubuh secara umum. Merokok bisa melemahkan jaringan-jaringan penghubung sehingga memperburuk dampak lekukan selulit. Selain itu, rokok juga menambah jumlah racun dalam tubuh. Racun ini akan disimpan dalam lapisan lemak di bawah kulit dan menambah selulit. 

1 komentar:

  1. Sebagai manusia modern yang paham akan artinya kesehatan sudah sepantasnyalah untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan menghindari rokok dan alkohol.

    BalasHapus

Mohon agar menulis komentar, untuk perbaikan dimasa datang, terima kasih. Salam dari kami di Bumi Parahyangan.