Selasa, 22 Desember 2009

Merokok Bikin Kulit Kusam


KULIT memerlukan asupan nutrisi yang teratur dan seimbang agar tetap sehat. Jika bisa menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara umum, Anda tidak perlu menggunakan suplemen. Memenuhi nutrisi kulit juga tidaklah sulit, Anda disarankan mengonsumsi lima takar buah dan sayur sehari. Selain itu, berikut bebarapa langkah lain yang bisa membantu mendapatkan kulit sehat cerah idaman Anda.

Merokok. Nikotin menyerang pembuluh darah yang berfungsi memberi makan kulit dengan nutrisi dan oskiegn, serta mengangkut produk-produk sisa dari kulit. Kandungan nikotin rokok akan membuat kulit Anda kekurangan nutrisi dan  oksigen.

Perbanyak konsumsi air. Kurang air akan membuat kulit dehidrasi dan kusam. Untuk mencegahnya, pastikan minum 2 liter air sehari. Pastikan sumber airnya adalah air putih, bukan minuman manis, teh, kopi atau minuman  yang mengandung kafein dan gula lainnya.

Kurangi asupan kopi dan teh. Perempuan yang minum banyak teh, kopi, cokelat panas atau kola cenderung memiliki kulit kusam dan berminyak. Hal ini dipicu oleh kandungan kafein di dalam minuman ini, yang menghambat tubuh menggunakaan vitamin dan mineral dari makanan. Cobalah minum tidak lebih dari 3 cangkir kopi, teh atau minuman berkafein sehari.

Pastikan asupan alkohol rendah. Kelebihan asupan alkohol memicu gangguan. Cobalah minum tidak lebih dari 21 gelas seminggu.

Perbanyak nutrisi kulit. Vitamin A dan C serta mineral seng sangat berkaitan dengan kulit sehat. Vitamin dan mineral ini dinyatakan cukup diperoleh dari diet sehingga tidak perlu dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Kedua vitamin ini bisa didapat dengan mengonsumsi sayuarn dan buah-buahan secara teratur. Makanan kaya vitamin A termasuk wortel, bayam, selada air, ubi jalar kuning, melon, dan semangka. Vitamin C bisa diperoleh dari cabe merah, sayuran hijau, stroberi, kiwi, jeruk dan grapefruit (sejenis jeruk berukuran besar dengan rasa yang agak pahit).

Perkaya diet dengan acidophilus dan bifidus. Cobalah mengonsumsi yogurt dengan kandungan bakteri baik acidophilus dan bifidus setiap hari. Bakteri baik ini akan menyeimbangkan bakteri di usus, dan khususnya membantu mereka yang menggunakan antibiotik untuk mengontrol masalah kulit.
(disadur dari : mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon agar menulis komentar, untuk perbaikan dimasa datang, terima kasih. Salam dari kami di Bumi Parahyangan.